RSS Feed

PEREKONOMIAN INDONESIA-PEMBANGUNAN NASIONAL PROVINSI PAPUA

Posted on

               Papua adalah sebuah provinsi terluas di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea.

A.   MASALAH PEMBANGUNAN DI PROVINSI PAPUA YANG BERKAITAN DENGAN PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN

          Papua, satu kata yang mengingatkan kita pada satu provinsi paling timur di Negara kesatuan Republik Indonesia. Provinsi yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah di seluruh daratannya. Provinsi yang kaya akan bahan tambang dan kecantikan panorama bawah lautnya yang sangat memukau. Keindahan alam, kekayaan sumber daya alam, hutan yang lebat, masyarakat yang sangat ramah dan masih menjunjung nilai-nilai budaya adalah salah satu daya tarik Papua dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia.

          Namun sayang, dari begitu banyaknya kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh tanah yang kaya tersebut terdapat berbagai masalah yang belum dapat diselesaikan. Sebagai contoh adalah masalah dalam pertumbuhan perekonomian. Disaat semua daerah di Indonesia menikmati kesejahteraan, masyarakat Papua masih harus bekerja keras untuk mempertahankan hidup di tanah yang memiliki sumber daya yang sangat melimpah. Mereka masih berkutat dengan kehidupan mereka yang jauh dari kata berkecukupan.

          Ketidakadilan adalah kata yang tepat untuk mewakili perasaan warga Papua yang hidup di negara ini. Banyak ketidakadilan yang dengan sangat jelas diperlihatkan oleh pemerintah dalam hal pembangunan daerah. Pemerintah terkesan tidak mau tahu akan pembangunan di Provinsi Papua.

Masalah-masalah pembangunan di Provinsi Papua:

  •  Kemiskinan
  •  Kesehatan
  •  Pembangunan Infrastruktur
  •  Pendidikan
  •  Keterisolasian
  •  Pengangguran

B.   KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PEMERINTAH

  •  Membuka peluang kerja atau lapangna pekerjaan yang seluas-luasnya dari wilayah perkotaan hingga kepedalaman desa bagi seluruh warga Papua.
  •  Menjaga stabilitas wilayah (pusat maupun daerah) agar tetap kondusif guna menumbuhkan kepercayan rakyat dan pihak investor melalui penegakan supremasi hukum.
  •  Menjaga sumber-sumber daya alam serta lingkungan sebagai sumber utama keberlangsungan serta kualitas hidup seluruh masyarakat saat ini dan di masa yang akan datang.
  •  Meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan yang memberikan kemudahan bagi masuknya investasi dengan proses serta mekanisme perizinan sesuai dengan hukum.

C. PERATURAN PERUNDANGAN YANG MENDUKUNG

1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab IV Bagian Kesatu Hak dan Kewajiban Warga Negara Pasal 5 :

     a) Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.

     b) Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus.

     c) Warga negara di daerah terpencil atau terbelakang serta masyarakat adat yang terpencil berhak memperoleh pendidikan layanan khusus.

     d) Warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus.

     e) Setiap warga negara berhak mendapat kesempatan meningkatkan pendidikan sepanjang hayat.

2) Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan Negara memelihara fakir miskin dan anak-anak yang terlantar, mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan, serta bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesejahteraan sosial yang layak yang diatur dengan undang-undang.

3) Pembangunan kesejahteraan sosial merupakan perwujudan dari upaya mencapai tujuan bangsa yang diamanatkan dalam UUD 45. Didalam sila ke-5 Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 secara jelas dinyatakan bahwa keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia menjadi dasar salah satu filosofi bangsa, karenanya setiap Warga Negara Indonesia berhak untuk memperoleh keadilan sosial yang sebaik-baiknya.

4) Untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut tentunya didukung dengan adanya peraturan perundangan yang mengatur. Undang–undang Nomor 6 tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kesejahteraan Sosial selama ini telah menjadi landasan yuridis formal dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial.

5) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

6) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial

7) Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1993 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2010 tentang Pengawasan Ketenagakerjaan, Permenakertrans Nomor PER.02/MEN/I/2011 tentang Pembinaan dan Koordinasi Pelaksanaan Pengawasan Ketenagakerjaan, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna

D. MASALAH DI LINGKUNGAN SEKITAR (RW)

A. Sosial

Masalah social yang terjadi adalah seringnya para kaum muda di sekitar tempat tinggal berkerumun dan nongkrong-nongkrong hingga larut malam. Tidak jarang mereka membuat keributan dengan bercanda lalu tertawa dengan sangat keras, menyalakan musik dengan volume kencang, atau bahkan mengendarai motor yang dengan sengaja mengeluarkan suara yang bising. Mungkin menurut mereka hal tersebut adalah keren, namun bagi warga sekitar adalah perilaku yang sangatlah mengganggu warga lain yang sedang beristirahat setelah lelah melakukan aktivitas.

v  Kebijakan yang dilakukan : memberikan peraturan mengenai jam malam, memberikan hukuman bagi kaum muda yang masih melanggar dengan menugaskan mereka untuk ronda dan menjalankan siskamling untuk menjaga keamanan daerah pada malam hari bersama dengan para penjaga keamanan tempat tinggal.

B. Budaya

Permasalahan budaya terjadi pada daerah penulis. Perlu diketahui bahwa wilayah tempat tinggal penulis, bisa dikatakan bahwa hampir semua suku bangsa dan agama di Indonesia tinggal di daerah tersebut. Secara otomatis tentu terjadi atau muncullah permasalahan mengenai budaya dari masing-masing warga yang membawa kebiasaan masing-masing budaya dari tempat asal mereka sebelumnya. Perbedaan kebudayaan tersebutlah yang sering menimbulkan pertentangan antar warga. Banyak juga warga yang masih menganggap kebudayaanyalah yang paling baik. Sering juga anak-anak remaja yang dengan sengaja mengejek atau menyingung kebudayaan beberapa warga minoritas baik minoritas dari segi daerah maupun agama.

  v  Kebijakan yang telah dilakukan : memberikan pemahan kepada masyarakat/warga akan arti kebersamaan dan toleransi antar warga, sehingga masing-masing warga menyadari bahwa sekarang mereka telah berada pada wilayah yang memiliki keberagaman yang tinggi, sehingga perlu menyadari bahwa sekarang semua masyarakat adalah satu kesatuan sehingga sudah seharusnyalah saling menghargai demi kesejahteraan kehidupan bersama.

C. Politik

   Politik merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat tempat tinggal penulis. Namun meskipun telah mengenal mengenai politik, seringkali warga masih memaksakan kepentingan dan kemauan mereka akan suatu partai politik. Seringkali beberapa warga memaksa warga yang lain untuk ikut bersama mendukung salah satu partai politik. Seharusnya seperti yang kita ketahui bahwa hal tersebut adalah kebebasan bagi semua orang. Saat pemilihan ketua rt,rw,gubernur dan wakil gubernur,anggota DPR, bahkan presiden dan wakil presiden semuanya bisa dikatakan berjalan dengan sangat jujur dan damai, meskipun sering terjadi benturan kepentingan antar warga dalam pemilihan.

v Kebijakan yang telah dilakukan : memberikan ruang bagi warga untuk memberikan pendapat di depan publik sehingga tidak terjadi perasaan tertindas pada warga yang merasa terintimidasi akan kepentingan-kepentingan warga lainnya dalam politik. Memberikan pemahaman mengenai system berpolitik yang baik dan benar.

Sumber

a) http://www.pasificpost.com/index.php?option=com_content&view=article&id=4059:papua

b) http://search.kompas.com/

c) http://www.papuaweb.org/goi/index.html

d) http://mediadata.co.id/REGIND-2011/PENAWARAN-DAFTAR-PERATURAN-KETENAGAKERJAAN-DI-INDONESIA-2011.pdf

e) http://www.google.co.id/

f) http://id.wikipedia.org/wiki/Papua

 


About RestyFrisda

simple person

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: